Rabu, 13 Agustus 2014

Jadikan Wajah Kantor Pajak yang Menyenangkan, Bukan Menyeramkan..



           Yuk refresh kantor kita. Saya akan mengambil sampel dari tempat yang paling dekat dengan saya, yaitu  TPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangkalan. Tempat Pelayanan Terpadu atau TPT adalah wajah kantor yang pertama kali terlihat oleh wajib pajak dan masyarakat ketika berkunjung ke KPP. Berikut tips yang diberikan oleh tim kreatif KPP Pratama Bangkalan dalam membuat suasana TPT yang lain daripada yang lain.
1. Berilah kesan hijau (dengan tanaman asli atau buatan) begitu wajib pajak atau tamu lainnya memasuki pintu TPT. Kesan ini membuat wajib pajak merasa sejuk dan segar sehingga meminimalisir tingkat emosi wajib pajak apalagi iklim kota Bangkalan yang selalu panas menyengat di siang hari. Pesan sambutan Anti Korupsi dalam bentuk tulisan seperti pada gambar adalah alat pencegah yang ampuh bagi wajib pajak maupun petugas pajak yang mau coba-coba menyuap atau korupsi

2. Penambahan taman di sudut ruangan ditambah dengan air mancur atau gemericik air memberi sensasi relaksasi anti stres bagi tamu yang datang meski hanya seluas 2 meter persegi. Jangan lupa untuk dilakukan perawatan setiap hari agar tanaman dan air selalu segar.

3. Sediakan sarana baca mulai dari perpustakaan mini, papan pengumuman, koran, dan komputer layanan mandiri. Kebanyakan tamu yang datang ke KPP Pratama adalah wajib pajak yang sibuk atau hobi membaca sehingga ketika menunggu antrian atau sekedar istirahat, mereka merasa senang jika bisa menambah wawasan mereka dengan membaca. Untuk perpustakaan mini kami buat seunik dan seefisien mungkin mengingat keterbatasan dinding dan ruangan. 



4. Tamu yang membawa anak kecil sangat senang dengan adanya Taman Bermain Anak. Sederhana saja, cukup memanfaatkan pojok ruangan yang kosong dengan diisi mainan yang awet dan tidak menghabiskan tempat.


5. Buatlah TPT Tematik yaitu semacam dekorasi intern TPT yang diganti-ganti disesuaikan dengan tema yang sedang marak pada saat itu. Untuk bulan ini kami menggabungkan tema Lebaran dan Agustusan sehingga akan terlihat warna merah putih dan bentuk ketupat di mana-mana. Kostum petugasnya juga harus matching dong. ;-)


            Kalo udah gini, anak kecil aja bakalan berani datang ke KPP sendirian karena tidak lagi menyeramkan, tetapi menyenangkan. insyaAlloh, amin. Akhir kata, mohon maaf lahir dan batin. MERDEKA!!! ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar